teknik melukis

8+ Teknik Melukis Ala Seniman Professional

Teknik melukis – Halo sahabat sekalian, kembali lagi bersama saya disini semoga kalian semua senang dan betah dengerin ocehan saya yah.

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai teknik melukis. Ada yang sering melukis? Tentunya ini bukan ditujukan hanya untuk para pemula yah, ada baiknya untuk kalian yang mahir melukis lebih mendalami lagi ilmu-ilmunya agar dapat dibagikan ke orang lain.

Seperti kata pepatah

Berbagi itu indah.

Banyak orang di luar sana yang mengidamkan bisa melukis seperti para seniman, terkenang karyanya sampai berabad-abad, mendapatkan apresiasi dari orang-orang atas hasil karyanya.

Tentu itu bukanlah poin utama dari kegiatan melukis ini. Lebih pada penyampaian pesan secara singkat dan efektif.

Mungkin sahabat pernah terbayang sesuatu yang indah di dalam pikiran atau mungkin mendapatkan sebuah mimpi yang aneh tapi tertanam jelas dibenak sahabat, itu bisa menjadi sebuah lukisan.

Pastinya untuk melukiskan hal tersebut tidaklah semudah yang terbayang dipikiran sahabat.

Ada beberapa persiapan seperti sketsa singkat untuk menggambarkan ide yang ada di dalam kepala sahabat sehingga lebih mudah untuk dilukiskan nantinya.

Selanjutnya sahabat juga harus mempersiapkan peralatan melukis seperlunya. Termasuk warna-warna primer yang bisa kamu kolaborasikan untuk mendapatkan warna yang sesuai.

Untuk lebih membantu kamu dalam melukis, tentunya harus paham dulu, inti dari kegiatan melukis itu seperti apa, seperti yang dilansir wikipedia bahwa

Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan

Pengetahuan mengenai Unsur-unsur seni rupa akan sangat membantu kamu dalam memperindah lukisan yang sedang ingin kamu lakukan. Setiap unsur dalam seni rupa adalah nyawa dalam sebuah karya.

Teknik Melukis

Berikut ini beberapa teknik melukis yang bisa kamu coba saat ini juga, diantaranya :

Teknik Melukis : Aquarel

Teknik aquarel merupakan teknik melukis yang menitikberatkan pada penggunaan cat air (aquarel) dengan sapuan warna tipis pada media lukisan. Hal ini menjadikan lukisan yang dibuat tampak menjadi lebih transparan.

Teknik Melukis : Plakat

Teknik plakat, teknik yang dalam pelaksanaannya menggunakan beberapa jenis cat seperti cat minyak , akrilik, poster dengan memberikan sapuan warna tebal. Hasil dari tak teknik plakat ini menjadikan warna tampak lebih padat.

Ini sering digunakan oleh banyak seniman professional untuk memunculkan tekstur dan nilai-nilai ekonomis pada lukisan sehingga tampak lebih mempesona.

Teknik Spray

teknik melukis

Teknik spray, dengan menggunakan teknik spray yang bahan dasar cat yang sifatnya cair dengan menggunakan sprayer. Seperti lukisan grafiti di jalan-jalan yang menggunakan sprayer atau piloks, juga merupakan salah satu implementasi dari teknik ini.

Beberapa penggunaan dari lukisan yang menggunakan teknik spray biasanya ada dalam pembuatan reklame visual.

Teknik Melukis : Pointilis

Ini sangat cocok untuk orang yang penyabar atau ingin belajar bersabar dan mencoba mengatasi tempramen kamu. Teknik yang butuh kekuatan kesabaran karena menggambar atau melukis dengan hanya sebuah titik-titik saja hingga membentuk sebuah objek.

Objek dari lukisan atau gambar pointilis ini akan terlihat menyatu ketika dilihat dari kejauhan tertentu. Ajaibnya ternyata ketika didekati setiap titik memiliki sekat-sekat tipis, jarak yang memisahkan per mm.

Jadi jika ingin mencoba, kamu pasti akan kagum ketika selesai.

Tempera

Teknik tempera, di populerkan oleh seniman dari italia bernama Duccion dan Simone Martini. Teknik yang menggunakan dinding bangunan sebagai

Kolase

Dengan menggunakan teknik kolase kamu akan dituntut untuk lebih kreatif dalam memilih bahan-bahan tempelan untuk membentuk lukisanmu.

Asalnya teknik kolase ini bersifat abstrak tetapi bisa kamu buat menjadi lebih realis bergantung pada seberapa terampil kamu merangkai. Dengan keterampilan ini sahabat bisa membuat lukisan teknik kolase lebih realistik lagi.

Teknik Melukis : Mozaik

teknik melukis

Medium dari teknik mozaik ini adalah lantai, langit-langit bangunan, ataupun dinding. Dalam menggunakan teknik ini perlu anda perhatikan ukuran dari ornamen-ornamen yang ingin ditempelkan. Bisa menggunakan kaca berwarna ataupun batuan-batuan kecil.

Kebanyakan teknik lukisan mozaik ini ditemukan di daerah seperti India, Mesir, dan Cina.

Teknik Basah

teknik melukis

dengan menggunakan kuas, teknik yang membasahi medium gambar dengan sedikit air lalu ditaburkan cat air setelah medium basah ini disebut teknik basah.

Teknik Melukis : Kering

teknik melukis

Dengan teknik ini, kamu bisa menjadikan lukisanmu terlihat lebih tegas dan tebal, karena yang digunakan dalam teknik ini hanyalah cat saja tanpa minyak. Kuas dan lainnya harus dalam keadaan kering sehingga sangat disarankan menggunakan cat yang baru saja dibuka.

Aliran seni rupa yang sesuai dengan teknik ini adalah naturalism, realisme, dan surealisme.

 

Teknik Melukis : Campuran

Adalah kombinasi dari 2 teknik kering dan basah dalam melukis untuk menampilkan tekstur dan kelembutan dari sebuah lukisan agar tampak lebih menarik.

Caranya dengan menambahkan blok warna dan menambahkan volume atau intensitas minyak pada cat secara perlahan sampai tahap akhir dari lukisan yang sedang kamu kerjakan.

Penutup

Sahabat, sampailah kita dipenghujung pembahasan kita mengenai teknik melukis. Saya menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan konten ini, sehingga kritik dan saran sahabat sangat membantu.

Jangan lupa untuk terus berusaha karena kesuksesan bukan untuk mereka yang bodoh dan berkekurangan, tapi untuk mereka yang berhenti berusaha.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.