beberapa hal wajib yang jadi syarat melamar pekerjaan di pabrik

9+ Syarat Melamar Pekerjaan di Pabrik yang Wajib Diketahui [Lengkap]

Syarat Melamar Pekerjaan di Pabrik – Terkait urusan melamar kerja itu bisa dibilang merupakan proses atau kegiatan yang sifatnya formal. Yang mana hal tersebut dilakukan dalam rangka upaya kita dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan di sebuah perusahaan.

Oleh karenanya, sebagai pelamar kerja kamu harus tahu apa yang harus dipersiapkan sebagai syarat kelengkapan. Supaya upaya yang dilakukan bisa membuahkan hasil maksimal.

Adapun di sini kita akan membahas secara lengkap tentang syarat melamar kerja di pabrik. Ya tak ubahnya dengan melamar kerja di tempat lain, semisal di kantor, toko atau sejenisnya, melamar kerja di pabrik juga punya syarat tertentu yang wajib dipenuhi oleh calon karyawan yang hendak melamar.

Dengan mempersiapkan syarat, baik secara fisik maupun kelengkapan dokumen maka bisa sangat menentukan untuk si karyawan dapat diterima kerja atau tidak. Namun di postingan ini kami secara spesifik akan lebih mengarah pada syarat kelengkapan arsip atau dokumen.

Jadi beberapa berkas arsip yang kira-kira dibutuhkan untuk mendukung proses lamaran wajib hukumnya untuk terlampir dan disertakan. Apalagi jika dari pabrik yang hendak dilamar menentukan persyaratan khusus, tentu harus dipenuhi.

Namun secara umum, syarat melamar pekerjaan di pabrik adalah sebagai berikut:

1. Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja sebagai syarat melamar pekerjaan di pabrik
cermati.com

Dikutip dari inspirilo.com, surat lamaran ini kerap kali jadi perhatian utama terlebih bagi pelamar kerja pemula. Walaupun sebenarnya peranannya dalam sebuah lamaran kerja tidak terlalu sentral. Kenapa? Pasalnya surat lamaran ini bisa dibilang hanya sebagai formalitas berkas kelengkapan lamaran. Bisa diketahui dari format dan isinya yang sudah bisa ditebak. Hampir semua pelamar membuat format surat lamaran yang serupa, gitu-gitu aja.

Namun walaupun begitu sebagai pelamar yang baik, kamu juga tetap harus mempersiapkannya dengan baik. Buat surat lamaran dengan singkat dan tidak bertele-tele dengan menyertakan pula jabatan atau posisi yang hendak dilamar.

Ikuti kebijakan perusahaan untuk membuat surat lamaran kerja dengan tulisan ataupun dengan cara diketik dan cetak.

2. CV atau Daftar Riwayat Hidup

curriculum vitae daftar riwayat hidup sebagai syarat melamar pekerjaan di pabrik
freepik.com

Syarat kelengkapan yang satu ini disebut juga dengan nama CV (Curricullum Vitae). Sesuai dengan namanya, daftar riwayat hidup atau cv itu berisikan data informasi detail si calon pelamar kerja. Adapun kelengkapan datanya antara lain nama, tempat tanggal lahir, alamat, riwayat pendidikan, keahlian yang dimiliki dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk menunjang keberhasilan sebuah lamaran kerja dianjurkan untuk membuat CV yang kreatif dan menarik perhatian HRD. Jangan membuat CV dengan format standar hitam putih, jika bisa berwarna akan lebih bagus, tentunya dengan proporsional. Kamu bisa buka artikel tentang contoh CV lamaran kerja yang menarik untuk inspirasi pembuatan riwayat hidup yang juga bisa didownload templatenya dalam format doc.

3. Pas Foto dan KTP (Fotocopy)

pas foto dan ktp sebagai syarat melamar pekerjaan di pabrik
jempolkaki.com

Untuk yang satu ini tentu juga sangat diperlukan. Identitas dan tampilan diri dalam bentuk foto sangat diperlukan untuk validitas data si pelamar.

Identitas yang diperlukan biasanya adalah fotocopy KTP atau SIM. Dan ukuran foto standar lamaran adalah 3×4 cm atau 4×6 cm, tergantung perusahaannya.

4. Foto Copy Ijazah Terakhir yang telah Dilegalisir

ijazah sebagai syarat melamar pekerjaan di pabrik
nusabali.com

Adapun hal yang dirasa paling sentral dalam sebuah lamaran kerja adalah Ijazah. Yakni dalam bentuk fotocopy legalisir.

Ya dengan menunjukkan ijazah dan melampirkannya dalam lamaran, nanti HRD bisa melakukan validasi apakah si pelamar layak diterima atau tidak. Tentunya dilihat dari nilai akhir dan relevansi keahlian dengan jobdesc di posisi yang dilamar.

5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK sebagai syarat melamar pekerjaan di pabrik
cermati.com

Setingkat di bawah Ijazah, SKCK juga memegang peranan penting sebagai syarat melamar pekerjaan di pabrik. Ya surat ini berisi keterangan tentang catatan kepolisian bahwasanya pelamar memiliki kelakuan baik.

Karena sudah barang pasti perusahaan manapun mengharapkan karyawannya memiliki sikap dan etos kerja yang baik, bukan sebaliknya. Jadi yang belum punya SKCK untuk melamar kerja, silakan lakukan pengurusan saat ini juga di kantor Polres terdekat.

6. Kartu Pencari Kerja (AK/1) alias Kartu Kuning

kartu kuning sebagai syarat melamar pekerjaan di pabrik
radarriaunet.com

Nama resmi dari kartu ini sebenarnya adalah Kartu Pencari Kerja AK/1. Entah kenapa banyak orang lebih familiar dengan istilah kartu kuning. Ya memang usut punya usut, awal-awal dulu, kartu ini memang warna kertasnya adalah kuning. Jadi kebawa-bawa sampai sekarang.

Adapun kartu ini diterbitkan oleh Disnaker kota setempat. Dan untuk membuatnya bisa langsung mengunjungi kantor Disnakertrans di kotamu. Tenang saja, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk pemrosesannya karena gratis kecuali biaya fotocopy untuk legalisir.

7. Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas / Dokter

surat keterangan sehat sebagai syarat melamar pekerjaan di pabrik
primaningratgp.wordpress.com

Selain keterangan kelakuan baik, yang tidak kalah penting berikutnya adalah surat keterangan sehat. Surat ini bisa diminta di puskesmas terdekat dengan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaaan untuk memastikan bahwa kamu benar-benar memiliki kondisi tubuh yang sehat dan mendukung untuk bekerja.

Dalam surat keterangan sehat ini biasanya memuat informasi nama, tinggi badan, berat badan, tensi dan golongan darah, dan lain-lain. Untuk biayanya sendiri biasanya menyesuaikan tergantung puskesmasnya.

8. Sertifikat Ketrampilan/Pelatihan Tertentu (Jika Ada)

Syarat lain yang bisa kamu persiapkan berikutnya adalah sertifikat keahlian. Misal sertifikat kursus komputer, bahasa Inggris dan keterampilan khusus lainnya. Dan akan lebih mantap lagi jika keterampilan yang dipunyai itu relevan dengan posisi yang dilamar. Bisa jadi nilai plus kamu di mata HRD yang melakukan seleksi nantinya.

9. Surat Keterangan Kerja (Paklaring)

Yang terakhir ini khusus bagi kamu yang memang sebelumnya pernah bekerja. Adalah Surat Keterangan Kerja atau biasa disebut juga paklaring yang bisa kamu lampirkan dalam berkas aplikasi lamaran.

Surat ini bisa kamu minta dan proses di perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya. Keberadaannya bisa cukup mendukung, karena terkadang pengalaman juga jadi faktor diterima tidaknya seorang karyawan.

Dan dengan menunjukkan surat keterangan kerja, setidaknya kamu akan dianggap memiliki nilai plus yang bisa jadi memudahkanmu untuk diterima kerja.

***

Nah itu saja barangkali mengenai syarat melamar pekerjaan di pabrik yang lengkap. Beberapa pabrik atau PT mungkin menerapkan syarat tambahan lainnya. Jadi silakan disesuaikan saja.

Semoga bermanfaat bagi kamu yang sekarang sedang berusaha mencoba melamar pekerjaan, baik itu di pabrik maupun di perusahaan lain semisal perkantoran, toko, BUMN dan lain-lain.

Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment