Rasul Ulul Azmi

Kisah Keteladanan Rasul Ulul Azmi

Assalaamualikum sahabat promisespromisesbroadway, kali ini saya akan membahas tentang Rasul Ulul Azmi, yang merupakan sebutan bagi Nabi dan Rasul yang memiliki keteguhan hati, ketabahan dan kesabaran yang luar biasa. Mereka ulet dan tekun dalam menyampaikan dakwah keislaman kepada kaumnya meskipun kaumnya menentang keras.

Rasul ulul azmi mendapatkan berbagai hinaan, celaan, cobaan dan tantangan namun tetap tawakal kepada Allah dan terus menyampaikan dakwahnya.

Adapun 5 Nabi dan Rasul yang memiliki gelar sebagai Ulul Azmi adalah sebagai berikut:

Nabi Muhammad SAW

Rasul Ulul Azmi
Source: Ilustrasi Gambar

Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Nabi sekitaran tahun 610 Masehi. Rasulullah SAW tinggal di Mekah selama 13 tahun dan Madinah selama 10 tahun. Serta ditugaskan untuk memberikan dakwah kepada manusia dan seluruh alam semesta.

Dalam Al-qur’an nama Nabi Muhammad disebutkan sebanyak 5 kali.

Beliau melalui masa-masa yang sulit sejak kecil hingga beranjak dewasa sehingga mendapatkan gelar Rasul Ulul Azmi. Di usia 6 tahun Nabi Muhammad sudah menjadi yatim piatu.

Setelah itu beliau diasuh oleh pamannya dan harus membangun meringankan beban sang paman ketika beranjak dewasa. Tantangan terberat mulai dilalui oleh beliau sejak diangkat menjadi Rasul.

Penentangan demi penentangan datang bertubi-tubi. Bahkan pamannya sendiri yaitu Abu Lahab juga menentang dakwah Rasulullah secara habis-habisan. Ketika Bani Hasyim diasingkan karena dakwahnya, Rasulullah pun ikut menderita.

Pemboikotan atau pengasingan tersebut berlangsung selama 3 tahun dan dipelopori tokoh-tokoh Quraisy. Mereka dilarang untuk melakukan jual beli, pernikahan dan hubungan sosial keapda Rasulullah dan para pengikutnya.

Namun dengan pertolongan Allah, masa-masa sulit yang ada berhasil dilewati dengan sempurna dan menjadikan beliau semakin dekat kepada Allah.

Nabi Muhammad SAW wafat pada usia 63 tahun di Makkah dan dimakamkan juga ditempat beliau wafat.

Nabi Ibrahim AS

Rasul Ulul Azmi
Source: Youtube

Sejak lahir Nabi Ibrahim sudah ditimpa cobaan yang bertubi-tubi. Beliau diasingkan di dalam gua karena perintah Raja Namrud untuk membunuh setiap bayi laki-laki yang baru lahir.

Setelah dewasa beliau harus menghadapi Raja Namrud dan masyarakat yang menyembah berhala. Bahkan Nabi Ibrahim harus bertentangan dengan orang tuanya sendiri yang merupakan seorang pembuat berhala.

Nabi Ibrahim ditentang habis-habisan hingga dibakar hidup-hidup dan diusir. Kisah Nabi Ibrahim dibakar inilah yang sangat populer di telinga masyarakat kita.

Cobaannya semakin sulit ketika beliau sudah semakin beranjak tua namun belum dikaruniai anak. Istri Nabi Ibrahim pun meminta beliau untuk menikahi seorang agar melahirkan anak. Setelah memiliki anak yang didamba-dambakannya yaitu Ismail, Nabi Ibrahim kembali mendapatkan cobaan berat.

Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih Ismail yang sudah beranjak remaja. Karena kepatuhannya, Nabi Ibrahim pun melaksanakan perintah tersebut.

Nabi Musa AS

Rasul Ulul Azmi
Source: ebookanak

Nabi Musa merupakan seorang Nabi yang sangat sabar dalam menyebarkan dakwahnya. Beliau juga sangat sabar memimpin kaumnya yang membangkang serta menghadapi Firaun.

Nabi musa pun diancam akan dibunuh oleh kaumnya sendiri. Pada akhirnya Nabi Harun diperintahkan untuk menggantikan Nabi Musa yang tidak sanggup menghadapi pembangkangan luar biasa dari kaumnya.

Nabi Isa AS

Rasul Ulul Azmi
Source: Youtube

Nabi Isa diuji sebagai seorang nabi yang miskin. Bahkan beliau harus menerima pengkhianatan dari muridnya Yudas dan menerima fitnah. Nabi Isa mengalami penolakan, diusir dan bahkan hendak dibunuh oleh kaumnya sendiri.

Namun beliau tetap teguh dan sabar dalam menyampaikan dakwahnya. Kehidupan yang dijalani oleh Nabi Isa menggambarkan ketaatan dan kezuhudan dalam beribadah kepada Allah.

Nabi Nuh AS

Rasul Ulul Azmi
Source: Ilustrasi gambar

Nabi Nuh selalu pantang menyerah dalam memberikan dakwah kepada keluarga dan kaumnya. Kaum nabi Nuh merupakan kaum yang sangat alot. Hampir 1000 tahun Nabi Nuh berdakwah, pengikutnya tidak lebih dari 200 orang.

Bahkan istri dan anaknya juga menjadi penentang dakwah yang diberikan. Allah SWT memberikan azab dengan menenggelamkan seluruh umat Nabi Nuh yang membangkang termasuk anaknya.

Yang berhasil selamat hanyalah Nabi Nuh dan pengikutnya yang masuk ke dalam kapal. Demikian adalah kisah keteladanan dari 5 Rasul ulul azmi.

 

Demikian kisah Rasul Ulul Azmi, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.