Pengertian Struktur dan Tekstur Tanah di Indonesia

Di dalam kehidupan sehari-hari kita pasti menemukan yang namanya tanah. Ada berbagai macam jenis tanah di Indonesia. Dan pada kali ini kita akan mempelajari tekstur dan juga struktur tanah yang terdapar di Indonesia ini.

Tekstur Tanah

pengertian struktur tanah

Tektur tanah merupakan bagian dari klasifikasi mengenai kondisi dari suatu tanah yang didasarkan pada tekstur fisiknya.

Tekstur tanah sendiri dapat diuji dari laboraturium ataupun diuji secara langsung di lapangan. Tekstur tanah sendiri bisa dikategorikan sebagai tanah yang berpasir, tanah liat, dan tanah lanau.

Satu dari sekian banyak manfaat dari mempelajari dan mengetahui tekstur tanah ini ialah dapat mempermudah para pertain dalam menentukan serta mengetahui jenis komoditas seperti apa yang akan cocok jika ditanam di lahan yang para petani miliki.

Selain itu bisa juga mengetahui apa saja komoditas yang justru tidak cocok jika ditanam lahan milik mereka nantinya. Dengan hal ini tentunya para petani dapat menekan jumlah kerugian maupun miningkatkan hasil panen mereka.

Selain di bidang pertanian, mengetahui tekstur tanah juga dapat digunakan untuk mempelajari perubahan dan kondisi lingkungan di wilayah yang dipelajari teksur tanahnya tersebut.

pengertian struktur tanah

Tekstur tanah bisa juga kita artikan sebagai suatu keadaan yang mempengaruhi tingkat kehalusan suatu tanah. Hal tersebut dapat terjadi lantaran terdapatnya perbedaan dari tingkat kandungan komposisi fraksi yang meliputi, pasir, debu, dan liat yang terkandung di dalam tanah.

Fraksi-fraksi tersebutlah yang akan sangat mempengaruhi sifat-sifat yang terkandung di dalam tanah.

Pasir yang mempunyai diameter paling besar yaitu 2 hingga 0.05 mm, debu dengan ukuran 0.05 hingga 0.002 mm dan liat yang mempunyai ukuran diameter terkecil diantara ketiganya yaitu kurang dari 0.002 mm.

Liat merupakan bagian dari kandungan tanah yang mempunyai butir-butit terkecil jika dibandingkan dengan unsur tanah yang lain. Hal ini akan memungkinkan nantinya sifat tanah akan menjadi sangat baik dalam kemampuan menahan jumlah air yang dikandung tanah.

Namun dampak kurang baik dari unsur liat ini adalah jika diatas tanah terkandung jumlah air yang lumayan banyak maka tanah akan sulit dalam kemampuan meresap air. Oleh karena itulah tanah dengan kandungan liat yang tinggi biasanya akan lebih mudah digenangi oleh air.

pengertian struktur tanah

Dan kandungan liat dalam tanah dapat menyebabkan tingkat erosi yang cukup tinggi jika berada pada lereng atau tebing di sungai atau laut.

Tanah dapat dikatakan baik jika kandungan di dalamnya yang meliputi fraksi yang telah disebutkan di atas tadi mempunyai komposisi yang seimbang satu dengan yang lain.  Dan seperti yang telah kita sebutkan tadi jika kandungan di dalam tanah terlalu tinggi maka akan mudah tergenang air.

Begitu pula jika kandungan pasir dalam tanah terlalu tinggi maka akan kesulitan dalam menyimpan kandugan air di dalamnya sehingga tanah akan menjadi lebih cepat kering dan tentu tidak akan subur.

Struktur Tanah

pengertian struktur tanah

Strurktur tanah merupakan susunan dari tanah yang terdiri dari fraksi-fraksi yang meliputi kandungan pasir, tanah liat, dan debu yang semuanya terbentuk secara alami. Setiap fraksi-fraksi tersebut juga dibatasi dengan bidang-bidang yang berbeda di setiap bentuk dan juga ukurannya.

Fraksi-fraksi tersbut tersusun dan kemudian membentuk sebuah struktur tanah yang pada akhirnya mempengaruhi sifat-sifat alamiah pada tanah.

Fraksi tanah tersebut terikat satu dengan yang lain oleh bahan organic dan juga zat lainnya yang juga mempunyai bentuk, ukuran, dan kemantapan yang berbeda-beda satu dengan yang lain.

Sebagai contoh saja kita ambil dari daerah dengan curah hujan tinggi. Biasanya di daerah tersebut struktur tanahnya remah di bagian permukaan tanah dan menggumpal pada lapisan horizon bawah.

Sedangkan ada daerah yang kering biasanya tanahnya berstruktur prisma pada bagian bawah. Baik itu tekstur tanah maupun struktur tanah, keduanya akan sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhan tanaman.

Oleh karena itulah jika kita hendak menanam sebuah tumbuhan pada suatu lahan kita perlu mengetahui tekstur dan struktur tanah paling tidak secara sederhana saja tanpa perlu memeriksa tanah tersebut di laboraturium.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.