Pengertian Seminar

Pengertian Seminar Dan Fungsinya Serta Susunan Acaranya

Pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas tentang pengertian seminar dan fungsi fungsinya. Sebagian dari kita sudah tidak aneh lagi kalau mendengar kata “seminar”, Apalagi bagi kalian yang aktif di organisasi.

Nah bagi kalian yang belum pernah, atau baru mau ikut seminar alangkah baiknya memahami sedikit tentang seminar. Mari kita bahas agar kita paham, kalau ada yang ragu boleh komen, nanti di bawah.

Pengertian Seminar ? Pentingnya Memahami Tujuan

Pengertian seminar

Sering kita temui atau ajakan untuk mengikuti seminar, baik tentang bisnis, pengetahuan, permasalahan sosial, dan seminar uji kompetensi. Sebenarnya seminar itu apa sih? Atau kalian sudah pernah ikut seminar tapi nggak paham apa yang kalian ikuti.

Jadi Seminar adalah suatu kegiatan atau suatu pertemuan yang beersifat formal dengan tujuan mengkaji suatu permaslahan secara ilmiah. Dalam seminar ciri khusus yang bisa kita bedakan dengan pertemuan lainnya adalah:

Seminar biasanya terdapat beberapa pembicara atau Narasumber dengan audien yang cukup banyak. Seminar bisa bersifat umum dan khusus. Pembahasan seminar atau materi yang disajikan biasanya sudah dipersiapkan oleh pemateri.

Pokok permasalahan yang dibahas berpusat dari akar masalah yang dikaji secara ilmiah. Biasanya materi seminar sudah dipersiapkan oleh pemateri atau narasumber, sehingga pada pelaksananya akan berjalan dengan baik.

Ciri lain dari seminar biasanya memerlukan waktu yang cukup lama dalam satu kali acara. Kegiatan seminar bisa dilaksanakan beberapa kali dalam satu materi pembahasan, atau sekali waktu langsung beres.

Pelaksanaan seminar dilakukan bukan untuk menetapkan keputusan terhadap masalah yang dibicarakan. Tapi seminar diadakan untuk membahas masalah secara menyeluruh dan untuk memecahkan masalah tersebut. Mengadakan seminar akan lebih baik jika:

  • Adanya waktu yang cukup untuk melakukan membahasan masalah.
  • Masalah sudah di rumuskan sebelumnya.
  • Permasalahan dipecahkan secara sistematis dan juga menyeluruh.
  • Ketua atau pemimpin seminar sudah memahami metode yang digunakan untuk memecahkan masalah yang dibahas.
  • Anggota atau peserta seminar dapat diajak berfikir logis mengani cara pemecahan masalah.

Anggota Yang Terlibat Seminar

Pengertian seminar

Seminar dapat diartikan sebagai salah satu jenis diskusi yang mempunyai tujuan memecahkan masalah, dengan metode ilmiah. Biasanya juga seminar diadakan oleh lembaga-lembaga tinggi, lembaga pemerintah, swasta.

Ada juga seminar yang diadakan oleh profesional tententu dengan tujuan mendapatkan sertifikat, surat ijin, atau kelaikan untuk suatu bidang ilmu tertentu. Nah adapun yang terlibat dalam seminar biasanya seperti di bawah ini:

Baca Juga : Pengertian Manajemen Beserta aplikasinya 

  • Penyaji.
  • Moderator.
  • Key speker: pembahasan utama.
  • Pimpinan.
  • Anggota atau peserta.
  • Tim perumus.
  • Pembawa acara.

Pelaksanaan atau Susunan Acara Pada Seminar

Pengertian Seminar

Jika dilihat dari sudut pandang kepanitiaan, maka kalian harus mengetahui tatacara susunan pelaksanaan seminar. Mengapa demikian agar tercapainya target dan tujuan seminar itu sendiri. Selain itu perlu diperhatikan untur unsur penting seminar, sperti Narsum, Moderator dan peserta seminar.

Namun yang banyak terlupakan adalah, lupanya panitian terhadap kelengkapan seminar seperti telat membagikan paket seminar kit, ceksoundsistem dan masalah teknis lainnya.

Secara umum susunan seminar seperti berikut

  • Laporan ketua.
  • Penyajian ketua.
  • Pembahasan oleh pembicara.
  • Diskusi atau tanya jawab.
  • Penyimpulan.
  • Penutupan

Namun yang perlu diperhatikan, susunan diatas tidak bersifat baku, artinya bisa menyesuaikan sesuai kegiatan yang dilaksanakan.

Fungsi Seminar

Sebagai kegiatan yang bersifat ilmiah, hasil dari seminarpun harus ilmiah. Jadi jika dilihat dari fungsinya adalah sebagai sarana menyampaikan informasi, sebagai tempat untuk berdiskusi, atau sebagai wahana untuk membahas dan mendapatkan ilmu.

Kelebihan seminar sendiri adalah kita bisa bertukar pendapat sehingga pemahaman yang kita proleh, dapat bermanfaat dan bisa dikembangkan.

Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan tentang pengertian seminar, semoga kita bisa memahaminya. Kalau ada yang kurang sepakat silahkan diskusikan, kalau ada salah mohon koreksi. Semoga bermanfaat Terima kasih

 

 

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.