fungsi manajemen

Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Manajemen [Lengkap]

Sebutan manajemen pasti sudah sering kalian dengar, terlebih bagi mereka yang berprofesi di dalam suatu perseroan. Setiap bagian dikomandoi oleh seorang manajer atau unit head hingga top level manajemen yang secara hirarki berada dalam jajaran manajerial.

Manajemen yaitu sebuah seni untuk mengatur sesuatu, baik orang ataupun pekerjaan. definisi manajemen adalah sebuah proses yang dikerjakan untuk menggapai sebuah misi dengan upaya bekerja dalam team. Dalam pelaksanaannya manajemen mempunyai subjek dan objek. Subjek yaitu orang yang mengatur, objek yaitu yang diatur.

Manajemen merupakan ilmu yang sangat luas, bahkan belum jelas asal-usul ini mulai ada. Karena disiplin ilmu manajemen merupakan ilmu yang digunakan tidak hanya di dalam ilmu bisnis tapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi Manajemen

Orang apabila sudah terbiasa melakukan manajemen maka ia tidak akan nyaman seandainya barang yang disekelilingnya berserakan. Karena inti dari manajemen adalah agar kita gampang untuk mengelolanya.
Fungsi manajemen menurut Henry Fayol dan GR Terry menyebutkan ada 4 fungsi yang utama dari sebuah manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian

1. Planing (perencanaan)

Planing merupakan bagaimana perusahaanmemutuskan goal
Yang diinginkan dan rencana bagaimana strategiteknik untuk mencapai tujuan tersebut

2. Organizing (pengorganisasian)

Organizing yakni pengontrolan sumber daya manusia dan sumber daya fisik yang dimiliki agar dapat menerapkan rancangan-rancangan yang pernah dipilih untuk menggapai goal yang diinginkan

3. Directing (Pengarahan)

Directing yaitu cara untuk menciptakan kondisi kerja yang bergairah agar kinerja lebih efektif dan efisien

4. Controling (Pengendalian)

pengendalian yakni usaha untuk menilai suatu kinerja yang beracuan pada standar yang telah diciptakan serta melaksanakan pembaruan jika dibutuhkan

Jenis-jenis manajemen

Ilmu manajemen dibagi menjadi 4 macam yang umumnya kerap kali digunakan diberbagai oraganisasi. Berikut penjelasannya

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia memiliki fungsi untuk memperoleh sumber daya manusia terbaik untuk mengelola perusahaan ataupun usaha yang sedang dilakukan beserta bagaimana mengatur dan mengayomi SDM terbaik yang telah terseleksi untuk bertugas bersama-sama.

Manajemen Operasional

Manajemen-Operasional

Manajemen operasional mempunyai peranan membuat suatu produk sesuai standar operasi yang telah ditentukan, produk yang diciptakan mampu memenuhi keinginan klien yang bermacam-macam dengan tidak melalaikan pemakaian proses produksi yang efektif.

Manajemen Pemasaran

manajemen-pemasaran

Manajemen pemasaran memiliki fungsi untuk mengupayakan dan mengamati serta mengidentifikasi apapun yang diperlukan konsumen. Didalamnya juga sangat perlu untuk menganalisa daya produk lawan supaya pendapatan target dari perusahaaan bisa maksimal.

Manajemen Keuangan

manajemen keuangan

Manajemen keuangan memiliki fungsi untuk memastikan jika tindakan bisnis yang dilakukan benar benar bisa memaksimalkan pencapaian target perusahaan secara ekonomi , dimana laba itu sendiri yang menjadi tolak ukurnya. peran terpenting dari manajemen keuangan ini sendiri merupakan meyakinkan bahwa perencanaan modal perusahaan benar benar mampu diperoleh untuk membiayai bisnis serta mengatur bagaimana modal yang sudah dimampukan agar dialokasikan dengan tepat sehingga misi perusahaan bisa tergapai secara maksimal.

Tingkatan Manajemen

jenjang-manajemen

Didalam ilmu manajemen ini sendiri memiliki beberapa strata. Tapi Organisasi ataupun perusahaaan umumnya memiliki paling sedikit, 3 level manajemen, yaitu:

Manajemen puncak (Top Management)

Top management atau manajemen puncak ialah jenis manajemen yang tertinggi. Manajemen puncak umumnya terdiri dari direktur utama atau dewan direksi. Dewan direksi mempunyai pekerjaan melakukan serta memutuskan berbagai hal yang sifatnya penting untuk kelangsungan suatu perusahaan. Manajemen puncak memiliki pekerjaan diantaranya memutuskan standar operasional serta kebijaksanaan untuk mengatur hubungan semua orang didalam suatu organisasi ataupun lingkungannya.

Manajemen menengah (Middle Management)

Middle management atau manajemen menengah umumnya memimpin dan bertanggungjawab atas suatu departemen atau divisi. Middle Management mempunyai kewajiban untuk mengembangkan berbagai program operasi serta melaksanakan kewajiban yang telah disetujui oleh manajemen puncak. Manajemen menengah memiliki tanggung jawab penuh kepada manajemen puncak.

Manajemen pelaksana (Supervisory management)

Supervisory management atau manajemen pelaksana mempunyai peran sebagai pelaksana dalam menjalankan berbagai planing yang sudah disusun oleh middle management atau manajemen menengah. Manajemen pelaksana memiliki tugas untuk mengurus pengawasan terhadap pekerja-pekerja dan operasional perusahaan sehari hari. Manajemen pelaksana mempunyai tanggung jawab kepada manajemen menengah

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.