Desain Rumah Mid Century dengan Sentuhan Modern Retro

Ingin memiliki rumah dengan konsep open plane? Desain bergaya mid century bisa menjadi pilihan anda. Desain ini menekankan pada konsep open plane sehingga batasan antara ruang dalam dan luar terkesan tipis.

Terinspirasi dari itulah rumah yang berlokasi di Bilangan Jakarta Selatan ini mencoba menerapkan gaya mid century dengan sentuhan modern retro. Konsep ini sesuai dengan kesukaan owner yang senang memasukkan outdoor ke dalam atau membawa indoor keluar. Yaitu batasan antara indoor maupun outdoor hampir tidak ada.

Dari bagian depan kita akan melihat adanya kanopi dari tanaman merambat yang sesuai dengan konsep mid century karena terintegrasi langsung dengan alam.

Area Foyer

Memasuki rumah ini kita akan disambut dengan area foyer yang simpel. Hanya ada dua kursi jengki berbeda motif, open storage yang menyatu dengan dinding serta meja kabinet berdesain vintage sebagai area memorabilia.

Area Keluarga

Beralih ke area keluarga yang sengaja didesain tanpa sekat untuk memberi kesan lapang. Sementara untuk memberi nuansa outdoor pada ruangan diaplikasikan dengan adanya bukaan pintu yang lebar sehingga pandangan kita langsung tertuju pada kolam renang di sisinya.

Selain itu pilihan warna hijau di area ini mampu memberi rasa sejuk pada ruangan. Meski demikian satu dinding diberi aksen berupa material batu untuk menambah nuansa outdoor di ruangan ini.

Untuk furniturenya sengaja dipilih berdesain modern. Seperti terlihat pada single chair warna merah hingga sofa three seaters hitam yang tampak kontras dengan ruangan. Yang menarik, di area ini pula terdapat kayu yang dibuat bagaikan dinding padahal area ini difungsikan sebagai area penyimpanan sepatu. Menarik ya!

Area Makan

Berlanjut ke area makan yang di desain dengan tampilan hangat berkat pilihan furniture bermaterial kayu. Di area ini pula terdapat dekorasi berupa gambar anggota keluarga. Selain menarik dari sisi dekoratif desain pajangan ini mampu mewakili kesan retro pada ruangan.

Area Santai

Seakan tak kehabisan akal membuat sisi menarik di dalam rumah pemilik pun menghadirkan area tambahan di sisi kolam renang. Yakni adanya area santai yang didesain seperti gazebo. Serta area santai lain dengan sentuhan tema vintage dari pilihan kursi bermaterial karet pentil dan tegel lantai bermotif.

Area Dapur

Tema berbeda terlihat di area dapur yang mengusung konsep diner (kedai) dengan ciri khas lantai berwarna hitam putih. Perpaduan warna biru dan merah di area ini mampu memberi kesan colorful yang eye catching.

Lantai Dua

Berbeda dengan lantai sebelumnya di lantai dua ini lebih mengaplikasikan gaya retro lewat beragam pilihan warna berbeda di tiap ruangnya.

Kamar Utama

Pada kamar utama misalnya, yang didominasi dengan warna-warna hangat serta desain yang modern. Adanya lampu gantung berdesain transparan serta aksen bermotif pada bed drop sebagai focal point mampu merefleksikan gaya dinamis pada area ini.

Sementara untuk mendukung kesan warm di kamar ini diaplikasikan melalui material kayu di bagian furniture. Menariknya wardrobe tak hanya diisi oleh lemari, tapi juga disediakan area bay window yang diletakkan di sela-sela lemari.

Kamar Mandi

Yang tak kalah menarik ialah bagian kamar mandi yang didominasi warna biru dari pengaplikasian keramik di bagian dinding dan lantainya. Jika kita perhatikan bagian dinding di area bathtub sengaja dibuat banyak ventilasi untuk memperlancar sirkulasi udara dan sekaligus memberi kesan tropical lewat tanaman di dekatnya.

Kamar Anak Perempuan

Berikutnya ialah kamar anak perempuan dengan sentuhan warna pink sesuai kesukaan si anak. Meski demikian warna lain seperti putih diaplikasikan di bagian furniture sebagai penyeimbang ruang.

Hal berbeda justru terlihat di bagian kamar mandi yang didominasi warna putih untuk memberi kesan clean namun tetap modern lewat pilihan lampu gantungnya.

Kamar Anak Laki-laki

Sementara itu kedua kamar anak laki-laki sengaja didesain saling terhubung namun dengan desain yang berbeda. Kamar si abang misalnya yang berdesain lebih maskulin. Untuk dekorasinya disesuaikan dengan kesukaan si anak dalam bermain musik, membaca buku dan tersedia pula area santai untuk berkumpul bersama teman.

Sedangkan hal berbeda terlihat di kamar si adik yang didominasi warna biru laut. Karena usianya masih kecil maka dekorasi dipenuhi dengan berbagai pajangan mainan yang tersusun rapi. Sementara kesukaannya pada film Star Wars diaplikasikan di bagian dinding kamar lewat tulisan.

Area Playroom

Masih di lantai dua terdapat pula area playroom yang didesain layaknya mini bioskop lengkap dengan layar besar serta sitting area berkonsep lesehan dengan tambahan bantal sebagai pendukungnya.

Last but not least, ada sedikit tips yang bisa diaplikasikan yakni memanfaatkan area lorong sebagai memorabilia di bagian dinding agar tak terlihat kosong.

So, itulah tadi inspirasi hunian bergaya mid century dengan sentuhan modern retro. Semoga mampu memberi anda inspirasi dalam penataan hunian yang nyaman.

Baca juga :

Rumah Minimalis Industrial dengan Sentuhan Scandinavian Style

Rumah Minimals dengan Konsep American Style

Warna Cat Rumah Minimalis

Leave a Comment