Desain Interior Rumah Bergaya Jepang

Negara Jepang adalah salah satu negara paling maju yang berada di benua Asia. Kedisiplinan penduduknya dan keunikan ragam budayanya adalah daya tarik negeri matahari terbit ini. Manga, harajuku style, bunga sakura dan sushi adalah ciri khas Jepang yang mendunia.

Namun tak hanya itu, ada hal menarik lain dari negeri ini yaitu karakteristik huniannya yang kini mulai jadi inspirasi di beberapa negara. Desain rumah bergaya jepang memiliki konsep yang unik dengan menerapkan unsur kesederhanaan dan dekat dengan alam.

Elemen yang biasanya melekat pada desain bergaya Jepang adalah unsur alam seperti bambu ataupun kayu. Minimnya furniture yang digunakan membuat unsur kesederhanaan makin terasa pada konsep ini. Maka tak jarang kita jumpai adanya area tatami atau yang kita kenal dengan istilah lesehan. Tatami adalah tikar yang biasa digunakan pada lantai tradisional yang berasal dari Jepang.

Biasanya hanya berupa bantalan yang diletakkna mengelilingi meja berkaki rendah. Dan di bagian pintu yang berupa sliding door terdapat bagian yang sangat khas dengan penggunaan panel rangka kayu berlapis kertas putih yang dalam bahas Jepang disebut dengan istilah shoji.

Dengan kesederhanaan tersebut desain hunian bergaya Jepang mulai banyak diterapkan di beberapa negara dengan diberi sentuhan modern. Seperti terlihat pada hunian berikut yang menerapkan gaya jepang pada desain interiornya.

Area Foyer

area foyer
area foyer

Konsep alam terlihat jelas di bagian area foyer yang menggunakan material bambu di bagian dinding dan disusun secara vertikal dengan sedikit tonjolan sebagai aksen membuat nuansa alami khas Jepang sangat terasa pada area ini.

Untuk melengkapi dekorasi ruangan, material berupa batang bambu digunakan sebagai elemen estetika. Selain itu tambahan cermin berbentuk lingkaran dengan aksen kotak-kotak di dalamnya membuat nuansa Jepang makin terlihat di area ini.

Living Room

living room
living room

Sementara di area living room ditonjolkan dengan adanya bedrof berupa wood carving sesuai ciri khas pintu bergaya Jepang. Elemen kayu terlihat lebih dominan untuk memberi rasa hangat karena fungsinya sebagai area keluarga yang diaplikasikan pada meja kabinet dan coffee table berikut.

Ceiling

ceiling
ceiling
ceiling menggunakan material dari anyaman bambu
ceiling menggunakan material dari anyaman bambu

Kesan alami tak terlihat hanya pada pilihan dekorasi, di bagian ceiling sengaja dibuat sedikit menjorok ke atas untuk melancarkan sirkulasi udara. Materialnya pun masih bersifat alami yaitu menggunakan anyaman bambu.

Dining Room

dining room
dining room

Beralih ke dining room, furniture berunsur alam masih digunakan disini. Meja makan berbahan dasar kayu ditambah dengan aksen di bagian kaki meja yang memanfaatkan kaki mesin jahit bekas menjadikannya sebuah perpaduan yang sangat unik dan menarik bukan.

Partisi

partisi
partisi

Aksen dekoratif lainnya juga ada pada partisi di atas yang berfungsi sebagai tempat menaruh pajangan. Pada bagian partisinya dibuat berupa panel kayu dengan sudut putus-putus untuk mendukung nuansa Jepang.

Area Kamar

bedroom
bedroom

Hal serupa terlihat di area kamar, dimana nuansa Jepang sangat terasa dari penataan ruang dan pencahayaan yang tidak terlalu terang sehingga menghadirkan kesan yang nyaman untuk beristirahat. Penataan di area ini mengusung konsep tatami seperti terlihat di area tempat tidur dengan lantai yang sedikit lebih tinggi dan tambahan down light untuk mempertegas area tersebut.

Di area ini pula shoji atau sekat berupa panel dari rangka kayu berlapis kertas ditampilkan bukan sebagai pintu melainkan sebagai aksen dekoratif di bagian dinding. Jika shoji menggunakan material kertas kali ini justru dikreasikan dengan bahan kaca untuk memantulkan cahaya yang ada di baliknya.

tatami
tatami

Selain itu di area tempat tidur konsep tatami juga terlihat pada area ini. Meja bermaterial kayu dengan detail lubang-lubang yang terbentuk alami di setiap sisinya. Empat alas duduk berbahan rotan digunakan untuk mempertegas ciri khas interior jepang yang bernuansa alami dan sederhana.

storage
storage

Di sudut ruangan ditempatkan sebuah storage bermaterial kayu dengan pilihan warna gelap yang menambah rasa warm di area ini.

***

So, itulah tadi referensi hunian bergaya Jepang yang diaplikasikan pada pilihan material serta penataannya. Semoga mampu memberi anda inspirasi dalam penataan hunian bertema serupa.

Baca juga informasi menarik lainnya berikut ini yang sayang untuk dilewatkan.

Rumah Minimals dengan Konsep American Style

Rumah Minimalis Industrial dengan Sentuhan Scandinavian Style

Warna Cat Rumah Minimalis

Leave a Comment