Cara Membuat Kartu Kredit Mudah dan Aman

Cara membuat kartu kredit sangatlah mudah. Anda hanya perlu datang ke bank dan mengisi formulir dan mengajukan pembuatan kartu kredit. Akan tetapi, tidak semua bank dapat menyetujui permohonan tersebut dengan mudah. Terlebih bagi mereka yang baru pertama kali akan membuat kartu kredit.

Oleh karena itu kami akan membahas mengenai cara membuat kartu kredit mudah bagi Anda yang baru pertama kali akan membuat kartu kredit.

Memilih Bank Yang Tepat

Cara membuat kartu kredit
Source: Guardian

Cara membuat kartu kredit yang pertama ialah kamu harus menentukan bank yang tepat. Biasanya kebanyakan bank akan menolak pengajuan pembuatan kartu kredit pertama kali dengan alasan kesulitan untuk memverifikasi riwayat kredit nasabah tersebut.

Perlu diketahui jika riwayat kredit sangat mempengaruhi disetujui atau tidaknya pengajuan kartu kredit. Bank dengan tegas akan menolak mereka yang memiliki riwayat kredit tidak baik.

Beberapa bank yang menerima pengajuan permohonan kartu kredit pertama diantaranya adalah Maybank Indonesia, CIMB Niaga dan Bank Mega. Persyaratan yang diminta pun mudah.

Pihak yang mengajukan kartu kredit harus berusia antara 21- 65 tahun dan memiliki slip gaji beserta NPWP. Maybank Indonesia memberikan persyaratan dengan minimal gaji yang dimiliki minimal 3 juta per bulan.

Memastikan Riwayat Keuangan

Cara membuat kartu kredit
Source: Solusiukm

Jika Anda menginginkan pengajuan kartu kredit diterima, Anda harus juga perlu memastikan sudah memiliki riwayat keuangan yang baik. Tidak boleh ada sejarah gagal bayar atau riwayat kredit macet untuk jenis riwayat kredit lain seperti kredit mobil, motor atau KPR.

Hal ini tidak boleh disepelekan karena pihak bank pasti akan mengecek status Anda dalam data blacklist bank Indonesia.

Memilih Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Cara membuat kartu kredit
Source: Medium

Anda harus memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan agar dapat memaksimalkan manfaat dan keuntungan yang dimiliki. Pada intinya, Anda perlu memilih kartu kredit yang memiliki keuntungan dan bisa digunakan manfaatnya. Karena tentunya masing-masing kartu kredit menawarkan keuntungan yang berbeda.

Seperti contohnya jika Anda belum menikah dan masih tinggal seorang diri tidak perlu memilih kartu kredit yang memberikan keuntungan poin belanja di supermarket. Rasanya hal tersebut merupakan hal yang kurang menarik bagi Anda karena belanja kebutuhan per bulan tidak terlalu banyak.

Untuk mengetahui manfaat dan keuntungan tiap-tiap kartu kredit sebaiknya Anda menghubungi customer service untuk meminta informasi tersebut. Anda juga bisa mengunjungi situs pembanding kartu kredit untuk mengetahui keuntungan masing-masing kartu kredit.

Dengan demikian Anda bisa memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan karena sudah memiliki informasinya.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui beberapa informasi secara pasti seperti jumlah iuran kartu kredit per tahun, jumlah suku bunga dan biaya-biaya lainnya. Hal ini untuk mencegah Anda mengalami kerugian karena iming-iming keuntungan dari kartu kredit yang diberikan.

Mengisi Formulir Pengajuan

Cara membuat kartu kredit

Jika Anda sudah menentukan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, cara membuat kartu kredit selanjutnya  adalah mendatangi pihak bank dan melengkapi persyaratannya. Pihak bank akan meminta Anda untuk mengisi formulir pengajuan kartu kredit setelah persyaratan lengkap.

Pastikan Anda sudah membawa slip gaji atau surat keterangan dari perusahaan, NPWP dan KTP. Persyaratan umum pengajuan kartu kredit biasanya tidak banyak berbeda. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah melengkapi persyaratan sebelum datang ke Bank.

Tanyakan semua hal yang ingin diketahui pada customer service yang melayani Anda di Bank. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan Anda dalam menggunakan kartu kredit.

Demikian penjelasan singkat dan mudah mengenai cara membuat kartu kredit.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.