ternak ayam

Tahapan Cara Beternak Ayam Broiler, Petelur, Bangkok Supaya Cepat Tumbuh Besar

Cara Beternak Ayam – Selamat pagi kawan, jumpa lagi bersama saya sikumis tipis. Dalam kesempatan yang berbagia ini, saya mau mencoba menshare beberapa tips dan trik terkait cara berternak ayam.

Sebelumnya kamu harus tahu terlebih dahulu tentang jenis jenis ayam ternak. Apa saja sih ayam yang bias di ternakin itu?
Ada ayam boiler, ayam pelung, ayam bangkok, ayam ketawa, ayam petelur samapi kalkun.

Mungkin nanti didalam bahasan ini saya mencoba untuk bercerita dari beberapa pengalaman yang pernah saya lakukan atau dari kerabat. Yang tentunya pernah terjun kedalam dunia ternak ayam.

Tanpa basa basi lagi, yuk lagsung dibaca dan dipahami dari catatan dibawah ini. Semoga dapat membantu anda dan menjawab pertanyaan-pertanyaan atau masalah terkait cara beternak ayam ini.

Cara Beternak Ayam Potong (Broiler)

ayam broiler
Sumber: Youtube

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dengan beternak ayam potong ini berarti artinya anda sedang atau akan melakukan suatu usaha. Betul?
Jika memang benar, sangat tepat sekali anda membaca artikel cara beternak ayam ini.

Melakukan budidaya ayam potong adalah hal yang gampang-gampang susah. Dengan berternak ayam yang satu ini, persiapan yang harus anda laukukan antara lain kandang, bibit, pakan obat dan perawatan.

Pada zaman sekarang, ayam potong masih menjadi sebuah usaha yang mungkin tidak ada matinya. Karena melihat statiski atau fakta dipasaran menjadi hal yang mungkin tidak akan terlewatkan.

Sudah pasti disetiap pasar terdapat tukan ayam potong. Hal ini membukti bahwa banyaknya dan tidak ada henti-hentinya kebutuhan pasar terhadap ayam potong ini.
Didalam beternak ayam potong pertama tama anda harus menyipkan lahan dan kandang. Biasanya teman-teman saya yang sudah pernah terjun didalam dunia bisnis ayam potong membuat lahan dan kandang yang berstandar.

Artinya apa? Ya astinya anda tidak mau dong produk ayam potong menjadi cacat dan tidak laku. Dan anda juga menginginkan kualitas ayam yang sehat dan bersih dari penyakit.

Yang kedua adalah pembelian bibit ayam potong yang berkualitas. Jika nada memulai dari pemilihan DOC, maka pilih jenis dari keturunan ayam yang sehat dan kuat. Bersih dari penyakit yang bisa menurunkan kualitas ayam potong.

Oiya perlu kamu ketahui ya, istilah beternak ayam potong sama dengan broiler. Jadi mau disebut potong atau broiler ya sama saja.

Yang selanjutnya adalah pemberian pakan. Biasanya jika kita sudah terjun kedalan beternak ayam pedaging, biasaya pakannya juga sudah banyak disediakan di toko-toko ternak.

Tips didalam memberi pakan ayam potong adalah selalu perhatikan kandungan protein dan penyimpanan pakan. Karena apa? Supaya kualitas dari pakan yang disediakan juga bagus dan terjaga. Sehingga berakibat positif terhadap ayam potong anda.

Cara Beternak Ayam Petelur

Sumber: Youtube

Berbeda halnya dengan cara beternak ayam petelur. Jenis ayam yang satu ini dikhsuskan untuk diambil telurnya.

Anda pasti pernah melihat telur yang berwarna agak cokat yang biasa dikonsumsi atau dijadikan bahan makanan seperti kue dan martabak. Itulah hasil dari produksi ayam petelur.

Warana atau corak dari ayam ini rata-rata berwarna orange. Didalam tahapan pemilihan bibit harus anda perhatian keturunan dari ayam ini.

Karena jika keturunan ayam ini bagus dan produktif, maka itu akan berpengaruh baik juga kepada ayam petelur kita. Begitupun sebalikya, jika jelek yang akan merugikan anda.

Didalam pemberikan pakan juga harus anda perhatikan. Banyak sekali kawan-kawan saya yang kualitas ayamnya udah terserang penyakit dan akhirnya mati.

Salahsatu penyebabnya adalah pakan yang tidak baik atau kurang hiegienis. Maka dari itu selalu perhatikan penyimpanan pakan dan terhindar dari obat-obat lain.

Cara Beternak Ayam Bangkok

Secara teknis, didalam beternak ayam bangkok sangatlah mudah. Sama seperti ayam kampung lainnya. Mulai dari pengeraman hingga dewasa.

Satu yang perlu atau sangat diperhatikan adalah pemilihan atau kawin silang dari ayam bangkok. Artinya jika anda menginginkan ayam bangkok itu berkualitas super, maka pilihlah ayam yang sudah tua untuk jantan dan pilih ayam betina yang baru pertama kali bertelur.

Jika dari segi pakannya, hampir sama seperti pemberian pakan pada ayam pelung, ketawa dan cemani. Dengan memberikan layer dan suplemen khusus.

Tips Ternak Ayam Cepat Besar

ayam kampung besar
Sumber: Youtube

Pilihan dari beberapa ternak ayam sangatlah banyak, seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Atau seperti ternak ayam jawa super yang metode hampir mirip-mirip.

Mulai dari melihat keturunan sampai pemilihan pakan yang bagus dan berkualitas.
Jadi dilhat dari semua pola terkait cara beternak ayam kampung biar cepat besar atau ayam lainnya ya harus mengontrolnya. Mulai dari perawatan kandang dan pemberian pakan.

Namun ada juga yang memakai suplement khusus untuk perawatan. Seperti yang dilakukan kawan saya didalam ternak ayam kampung super cepat dengan memberikannya probiotik.

Kebanyaan masyarakat yang awan mungkin belum banyak mengetaui beberapa suplement agar ayam menjadi berkualiatas. Hal ini juga bisa anda terapkan didalam ternak ayam rumahan lainnya.

Cara Membuat Pakan Ayam Organik

ayam makan
Sumber: Pixabay

Ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan didalam mebuat pakan organik, yaitu bahan dan cara pembuatan. Bisanya para produsen pakan menggunakan mesin. Mulai dari mesin yang kecil hingga skala besar.

  • Giling umbi talas dan daunnya hingga menjadi bagian kecil – kecil.
  • Setelah umbi tersebut sudah digiling, anda bisa mencampurkan semua bahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya, seperti beras dolog, dedak, dan tepung tulang menjadi satu dalam mesin mixer.
  • Kemudian tambahkan air secukupnya dan rebus sampai semua bahan hancur dan tercampur dengan rata.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan takaran bahan tersebut sebelum anda mencampurnya menjadi satu, untuk membuat pakan sebanyak 2 kg, anda harus menggunakan 1 kg umbi talas, ½ kg beras dolog, ½ kg dedak.
  • Untuk tepung tulang hanya 1 sendok makan saja atau anda bisa menambahkan nya sesuai keinginan anda.
  • Bila sudah tercampur dengan rata, anda bisa mengangkatnya dan dinginkan.
  • Kemudian jika sudah dingin, anda bisa langsung memberikan nya pada ayam anda.

Bagaimana cukup mudah kan untuk membuat pakan ayam alternatif untuk ayam kampung. Tips untuk penggunaan pakan alternative ini tidak bisa diberikan 100% dalam seharinya.

Demikianlah artikel yang berkaitan dengan bagaimana cara beternak ayam yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa membantu anda. Salam ternak dan terimakasih. 🙂

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.