budidaya ikan lele

Cara Budidaya Ikan Lele Praktis Dan Melimpah Pemula

Langkah Jitu & Praktis Budidaya Ikan Lele

budidaya ikan lele
sumber : pertanianku.com

Budidaya ikan lele –¬†selamat siang kawan kali ini saya akan berbagi cara dan tips serta trik dalam berbudidaya. Mungkin kalian yang masih awam atau yang sedang mendalami cara berternak ikan pastinya butuh dengan yang namanya tutorial ataupun cara untuk berternak.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai cara berternak ikan lele.

Kenapa saya lebih memilih lele sebagai objek pembahasan pada kali ini, ya karena ikan yang satu ini merupakan ikan yang sangat mudah dalam penjualanya.

Oke yuk langsung saja kita bahas mengenai apa saja teknik dalam budidaya ikan lele.

1. Penyiapan kolam untuk tempat budidaya ikan lele

kolam ikan lele
sumber : youtube

Dalam budidaya ikan lele sebenarnya kamu bisa memilih opso kolam yang bisa kamu jadikan tempat ternak lele. Hanya saja modal yang digunakan dalam pemilihan tempat ini tidak menguras bajet yang sedikit.

Anda harus mencari dan memilih lahan yang cocok untuk digunakan sebagai lahan kolam ikan. Intinya sangat ribet sekali, namun anda bisa menemukan solusi terbaik dan sangat efisien dalam berbudidaya ikan lele ini. Anda tidak harus mengeluarkan bajet yang sangat mahal pastinya.

Salah satu cara dan solusinya adalah menggunakan kolam terpal. Kenapa saya katakan kolam terpal, karena dengan menggunakan media yang satu ini saya yakin anda bisa memaksimalkan lahan dengan sebaik mungkin. Bahkan dengan memanfaatkan kolam yang satu ini anda tidak perlu memiliki lahan yang luas untuk budidaya.

Kelebihan kolam terpal adalah sangat banyak sekali selain bisa untuk tempat budidaya ikan lele, budidaya ikan nila, kolam ini juga bisa sebagai tempat penyimpanan air.

Nah didalam penyiapan kolam ada beberapa hal yang harus anda lakukan, diantaranya sebagai berikut :

1. Pengeringan dan pengolahan tanah

Pada poin yang pertama ini dilakukan hanya jika anda menggunakan lahan sebagai lahan utama saja. Namun jika anda memilik menggunakan kolam terpal maka anda tidak perlu melakukan langkah awal ini. Sedikit penjelasan, jika anda menggunakan kolam tanah maka anda harus mendiamkan kolam anda selama 3-7 hari pengeringan, atau tergantung dari panas matahari saja.

Selain itu juga anda harus mencangkul tanah kolam anda atau bahasa kerennya dibajak seperti sawah. Hal ini dilakukan karena untuk menghilangkan lumpur-lumpur yang berbau busuk yang mengandung gas beracun.

Baca Juga Cara Berternak Ayam Kate

a. Pengapuran dan pemupukan

Hal yang kedua adalah melakukan pengapuran dan pemupukan pada kolam. Hal ini berfungsi untuk menyetabilkan kolam dan memberantas mikroorganisme jahat yang bisa merusak kolam. Jenis kapur yang digunakan adalah jenis kapur dolomit atau kapir tohor.

b. Pengaturan air kolam

Setelah anda melakukan pengapuran maka langkah yang terakhir adalah melakukan pengisian air kolamnya. Idealnya ketinggian ait yang di gunakan untuk budidaya ikan lele adalah 100-200 cm.

Dari ketiga hal di atas merupakan proses yang sangat panjang pastinya, namun jika menggunakan kolam terpal anda hanya perlu merangkainya dan bisa langsung mengairinya. Jadi prosesnya sangat simpel dan cepat sekali.

2. Pemilihan benih ikan lele

bibit lele
sumber : herifish.blogspot.com

Setelah meyiapkan kolamnya pastinya anda akan mencari benih ikan lele yang berkualitas. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan bibit.

a. Syarat benih unggul

Syarat yang pertama yaitu bibit ikan lele harus benar-benar unggul dan sehat. Hal ini harus anda tekankan dalam mencari bibit yang unggul. Karena ini nantinya akan berpengaruh sekali pada hasil budidaya nantinya.

b. Cara menebar benih

Setelah mendapat bibit ikan yang bagus hal yang harus anda lakukan adalah penebaran ikan. Namun hal yang harus anda perhatikan yaitu anda harus menyesuaikan ikan dengan situasi kolam terlebih dahulu. Hal ini akan berpengaruh pada masa hidup ikan nantinya, karena ikan lele merupakan ikan yang gampang sekali mati.

3. Pakan untuk budidaya ikan lele

pakan ikan lele
sumber : budidayaperawatan.blogspot.com

Jika langkah pembuatan kolam dan menebar bibit sudah dilakukan maka anda perlu memberi ikan lele makan. Ada sangat banyak sekali merek pakan yang beredar di pasaran, namun ada beberapa merek yang saya rekomendasikan seperti FCR.

4. Pengolahan air

pengolahan air kolam terpal
sumber : SangkutiFarm.com

Air merupakan tempat utama yang paling dibutuhkan ikan lele untuk bisa bertahan hidup. Namun air yang dimaksuda adalah air yang terhidar dari penyakit dan hama pastinya. Maka dari itu tugas anda adalah mengolah air dengan sedemikian rupa agar air tersebut tetep bisa digunakan sebagai tempat hidup ikan lele. Atau anda juga bisa menggantinya 3 bulan sekali jika dirasa airnya kotor.

5. Pengendalian hama dan penyakit

kolam ikan lele
sumber : ProvesaFarm.blogspot.com

Pengendalian hama ini sangat penting sekali bahkan harus terus dikontrol. Karena dengan anda memastikan tidak adanya hama yang mengganggu pada kolam anda, saya rasa kolam anda akan baik-baik saja. Bahkan budidaya ikan lele pun akan memperoleh hasil yang melimpah.

6. Panen ikan lele

panen ikan lele
sumber : SangkutiFarm.com

Setelah melewati 5 tahap diatas, poin yang ke 6 ini merupakan hal yang paling anda nanti-nantikan pastinya. Karena dengan perjuangan anda yang cukup memakan waktu lama pastinya anda ingin merasakan hasil dari usaha anda tersebut.

Nah bila mana ke 5 langkah diatas anda lakukan dengan benar maka saya yakin ikan lele yang anda panen akan melimpah dan ikannya pun akan sehat-sehat. Dan pastinya ikan lele tersebut mempunyai harga jual yang tinggi.

Sekian tips budidaya ikan lele yang bisa saya share kepada teman-teman semua, semoga bisa membantu dan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aminn….

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.